Jumat, 16 September 2022 Jayapura – Tim Penggerak Swadaya Masyarakat Balai Pelatihan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa, Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Jayapura melaksanakan pemaparan hasil Identifikasi potensi dan masalah  pada 7 (tujuh) Badan Usaha Milik Kampung di Kota Jayapura kepada Dinas Pemberdayaan Masyarakat Kampung Kota Jayapura. Kegiatan ini merupakan tindak lanjut dari hasil Audiensi yang dilaksanakan pada bulan Juli lalu oleh Assiten II Setda Kota Jayapura, Kepala Dinas Pemberdayaan dan Masyarakat Kampung (DPMK) Kota Jayapura dan BPPMDDTT Jayapura. Dihadiri dan diikuti oleh Kepala DPMK Kota Jayapura Bapak Makzi L Atanay, Sekretaris, para Kabid, para Kasie dan Staf di lingkungan DPMK Kota Jayapura serta Tim PSM BPPMDDTT Jayapura. Kegiatan ini dibuka oleh Kepala DPMK selanjutnya penyajian hasil identifikasi potensi dan masalah oleh PSM Ahli Madya BPPMDDTT Jayapura Bapak Dominggus Rumadas. selanjutnya kegiatan dilanjutkan dengan sesi tanya jawab terkait pemaparan yang disampaikan oleh Tim PSM BPPMDDTT Jayapura.  

Kegiatan identifikasi potensi dan masalah berlangsung selama 2 bulan, yang dimulai pada tanggal 07 Juli sampai dengan 07 September 2022 dengan sasaran 7 (tujuh) kampong, yakni: Kampung Enggros, Holtekam, Mosso, Skow Yambe, Kayo Batu, Waena dan Kampung Tahima Soroma.  Identifikasi potensi dan masalah BUM Kampung ini dilaksanakan untuk mengetahui secara mendalam mengenai permasalahan yang dihadapi oleh masing-masing BUM Kampung dan potensi pengembangan apa saja yang bisa dilakukan oleh BUM Kampung - BUMKampung di Kota Jayapura, sehingga BUM Kampung dapat bergerak sebagai penggerak ekonomi kampung untuk meningkatkan kesejahteraan masayarakat kampung.

Keluaran kegiatan adalah 1) Terindentifikasinya masalah dan potensi BUMKam yang ada pada 7 (tujuh) kampung sebagai dasar pengembangan dan peningkatan BUMKam; 2) Tindak lanjut, akan dipresentasikan kepada Penjabat Walikota Jayapura pada tanggal 4 Oktober 2022; 3) Kegiatan peningkatan Kapasitas bagi 7 (tujuh)  Kampung  akan dilaksanakan tahun 2022;4) Terbangunnya jejaring kerja dan kolaborasi program/kegiatan Pemerintah Kota dan BPPMDDTT Jayapura dalam upaya Pengembangan BUMKam di Kota Jayapura. Kegiatan diakhiri dengan foto Bersama DPMK Kota Jayapura dengan Tim PSM BPPMDDTT Jayapura.

 

 



 Penulis-Tim PSM BPPMDDTT Jayapura