Arso, 01 Agustus 2022, Bertempat di Hotel Grande Arso Kabupaten Keerom di laksanaan Workshop Badan Usaha Milik Desa (BUMDes dan BUMDesma bagi tenaga Pendamping Profesional P3MD merupakan inisiatif kerja sama TPP P3MD Kabupaten Keerom dan PSM BPPMDDTT Jayapura. Acara ini dibuka oleh Koordinator P3MD Provinsi Papua Bapak Ady Purwoto sekaligus sebagai Narasumber Skema Sertifikasi TPP dilanjutkan dengan Narasumber dari PSM BPPMDDTT Jayapura, yaitu Bapak Ir. Agustinus Bagio, M.MT dan Bapak Fredrik Ludwik Jhon Wanimbo, SE.

Tujuan acara ini adalah mensosialisasikan dan mengedukasikan tentang pentingnya sertifikasi bagi TPP dan bagaimana tugas TPP dalam melaksanakan fasilitasi dalam Pendirian, Pengembangan dan pendaftaran BUMDes/BUMDESMA berbadan Hukum sesuai dengan Peraturan Pemerintah No 11 Tahun 2021.

Acara ini diikuti oleh beberapa Tenaga Pendamping Distrik dan Pendamping Lokal Desa yang ada di Kabupaten Keerom, Kota Jayapura, Kabupaten Jayapura, Kabupaten Sarmi, Kabupaten Yapen dan Kabupaten Pegungungan Bintang, baik secara tatap muka ada 60 orang dan secara streeming melalu Youtube : Sesi 1 Link : https://www.youtube.com/watch?v=cj8Bd4U0wH4&ab_channel=ERFFiles

Sesi 2 Link : https://youtu.be/Gk9ATEsrYnE

Kegiatan Workshop ini dilaksanakan dengan metode pembelajaran, diskusi kelompok dan juga presentasi, materi dibagi menjadi sesi dua sesi di sesi pertama diukuti oleh seluruh peserta kemudian pada sesi ke dua peserta dibagi menjadi 2 kelas.

Acara ini diakhiri oleh pemukulan tifa bersama antara Panitia dan Narasumber dari PSM BPPMDDTT Jayapura. peserta juga diberikan sertifikat atas kegiatan workshop yang sudah dikuti.

Kegiatan yang dilaksanakan berdasarkan swadaya dari para peserta ini diharapkan setelah kegiatan Workshop berlangsung para pendamping dapat memfasilitasi daerah dampingan agar BUMDES/BUMDESMA yang sudah ada dapat mengatasi setiap permasalahan dan dapat berkembang, dan bagi Kampung/Desa yang belum ada BUMDES/BUMDESMA dapat difasilitasi proses pelembagaan BUMDES/BUMDESMA sesuai dengan tahapan-tahapannya sehingga BUMDES/BUMDESMA mempunyai kelembagaan yang kuat sehingga dapat memberikan manfaat yang besar bagi masyarakat untuk kesejahteraan Masyarakat Papua.



Penulis

Fredrik L J Wanimbo